Selasa, 11 Oktober 2011

Sir Matt Busby

Matt Busby adalah seorang yang menjadi salah satu manajer sepak bola Inggris terbesar yang pernah lahir di Skotlandia, di desa Orbiston, Lanarkshire, pada tanggal 26 Mei 1909.

Sebagai pemain, ia mewakili dua klub Inggris. Dia bergabung dengan Manchester City pada 11 Februari 1928, dan melakukan debut pada tahun berikutnya melawan Middlesbrough. Busby kemudian ditransfer ke Liverpool untuk biaya sebesar £ 8,000 Maret 1936.

Busby menjadi bos pertama Manchester United setelah perang, setelah menolak tugas asisten manajer di Liverpool. Dia menerima posisi pada 19 Februari 1945, dan kemudian bergabung dengan klub penuh waktu

pada pemindahan dari angkatan bersenjata pada bulan Oktober 1945. Dalam melakukannya ia mengisi posting kiri kosong sejak pengunduran diri Scott Duncan pada 1937 dan untuk sementara diisi oleh sekretaris klub Walter Crickmer.

Setelah demob, Busby mengambil alih sebuah klub dengan bom-rusak stadion dan cerukan £ 15.000. penandatanganan pertamanya untuk United adalah Jimmy Murphy, asistennya manajer hebat yang menjabat klub sampai 1971. Bersama-sama mereka menciptakan tim pertama besar Amerika pasca-perang yang dibangun di sekitar kemampuan defensif Johnny Carey, John Aston dan Allenby Chilton dan keterampilan menyerang Charlie Mitten, Jack Rowley dan Stan Pearson.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More